Daftar Periksa: Membuat Situs Web

Waktu baca rata-rata 3 menit

Anda tertarik membuat situs web dengan nama domain .com, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Ikuti daftar periksa ini untuk mendapatkan tips yang bermanfaat.

Membuat Rencana Pembuatan Situs Web Anda:

Pilih dan daftarkan sebuah nama domain .com untuk alamat web Anda. Tips cepat: Meskipun Anda memutuskan untuk tidak langsung membuat situs web, nama domain .com akan tetap menyediakan alamat web yang mudah diingat dan konsisten untuk bisnis Anda.

Tentukan tujuan dari situs web Anda (misalnya blog, situs e-commerce, brosur online).

Putuskan apakah Anda ingin membuat situs web Anda menggunakan pembuat situs web atau ingin mengalihdayakannya ke seorang profesional. Tips cepat: Sekarang sudah ada banyak alat pembuatan situs web yang dibuat dengan mempertimbangkan pemilik usaha kecil sehingga ini akan mempermudah Anda membuat situs web yang bagus dengan alat bantu sederhana (seperti fungsi "seret dan lepas"). Anda mungkin ingin mencoba membuat situs web sendiri terlebih dahulu sebelum meminta bantuan profesional.

Memilih perusahaan hosting. Perusahaan hosting adalah perusahaan yang akan "menampilkan" dan mengelola situs web Anda secara online agar dapat diakses dan dilihat oleh pengguna.

Tips Bermanfaat

Saat memutuskan solusi atau perusahaan yang tepat, Anda akan sangat terbantu jika membandingkan opsi: beberapa pembuat situs web mungkin menyertakan hosting, sementara perusahaan hosting juga dapat membuat situs web Anda atau memberi Anda alat bantu pembuatan situs web do-it-yourself (DIY). Pertimbangkan untuk meminta rekomendasi dari teman atau kolega.

Menentukan Persyaratan Situs Web:

Buat daftar keinginan dan kebutuhan untuk situs web Anda. Misalnya:

Susun situs web Anda (jenis halaman dan berapa banyak halaman yang Anda butuhkan)

Jumlah ruang penyimpanan situs web (gambar dan video membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan)

Alat-alat bantu seperti formulir online, blog, ulasan pelanggan, peta situs, dan tampilan slide

Link ke/integrasi dengan media sosial

Fungsi pemutar video dan/atau audio

Layanan e-commerce (seperti keranjang belanja)

Informasi layanan pelanggan, seperti halaman Tanya Jawab dan alamat email dukungan

Optimasi perangkat mobile (sehingga situs web Anda berfungsi dengan lancar di perangkat mobile)

Kemampuan untuk memperbarui konten dengan mudah (opsi untuk memperbarui konten secara otomatis)

Platform atau alat bantu analitik untuk membantu Anda mengetahui jumlah pengunjung bulanan atau metrik lalu lintas yang penting

Memastikan situs web Anda dapat diakses oleh semua pengguna (seperti menyertakan menu navigasi)

Tentukan informasi paling penting yang harus ada di situs web Anda hari ini, dan informasi dapat ditambahkan nanti. Sebagian besar situs web akan berkembang seiring waktu.

Tentukan konten situs web yang penting dan buatlah konten penting tersebut. Informasi apa yang dianggap menarik dan bermanfaat oleh pengunjung situs web Anda? Setidaknya pastikan situs web Anda menyertakan beberapa cara bagi orang-orang untuk menghubungi perusahaan Anda, seperti alamat email bisnis khusus dan nomor telepon Anda.

Mempromosikan / Mempertahankan / Mengoptimalkan Situs Web Anda:

Pikirkan cara pengunjung dapat menemukan situs web Anda, dan cantumkan alamat web Anda di tempat-tempat yang memungkinkan, seperti di kartu nama, kemasan, materi cetak, papan nama, media sosial, iklan, dan direktori online. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan iklan mesin pencari dan alamat email bisnis khusus sebagai cara untuk memperkuat pengenalan merek.

Pahami performa situs Anda dan pengunjung yang datang ke situs web Anda menggunakan alat bantu untuk membantu menganalisis lalu lintas situs Anda. Pembuat situs web atau perusahaan hosting Anda mungkin menawarkan analisis lalu lintas situs web sebagai bagian dari paket Anda.

Optimalkan situs web Anda secara terus-menerus dan buat konten yang berguna bagi pengunjung Anda berdasarkan data lalu lintas dan masukan dari pengguna. Buatlah rencana bulanan yang berisi berbagai hal yang perlu dilakukan secara rutin. Tetapkan jadwal dan dedikasikan waktu yang ingin Anda investasikan. Jika situs web dan konten Anda disiapkan dengan benar, Anda mungkin tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan pemeliharaan situs web Anda.

Meskipun daftar periksa ini dapat memberikan titik awal yang baik untuk membuat situs web Anda, sebaiknya Anda memahami bahwa situs web akan membutuhkan waktu dan upaya tambahan untuk mempertahankannya jika Anda ingin mengembangkan bisnis.

Artikel Terkait