Cara Meneruskan Nama Domain

Waktu baca rata-rata 4 menit

Belum siap untuk memiliki situs web? Memiliki nama domain tetap penting karena dapat digunakan untuk membuat alamat web, terlepas dari kapan dan dimana Anda akan membangun eksistensi online Anda. Penerusan domain adalah cara cepat dan mudah untuk membantu memulai personalisasi dan pemasaran eksistensi online Anda - baik di media sosial, direktori online, atau bahkan pasar online.

Lihat panduan singkat ini untuk mengetahui cara melakukannya.


Bisnis Anda mungkin sudah online di halaman media sosial atau di e-commerce, tetapi apakah Anda sudah yakin bahwa Anda menonjol dibandingkan dengan kompetisi pasar yang ada? Bagaimana jika Anda memutuskan untuk berpindah platform atau e-commerce yang lain? Cara cepat dan mudah untuk menarik perhatian ke eksistensi online utama Anda – tanpa perlu membuat situs web – adalah dengan meneruskan nama domain .com.

Apa Artinya "Penerusan" Nama Domain?

Saat Anda meneruskan nama domain, Anda membuat pengaturan yang memberi tahu penjual nama domain atau penyedia hosting Anda untuk mengarahkan orang yang mencari alamat web Anda ke lokasi web tertentu yang telah Anda pilih. Anda dapat mengubah atau memperbarui aturan tersebut kapan saja, sehingga seiring dengan berubah atau berkembangnya eksistensi online Anda, nama domain dapat berkembang bersama Anda.

Cara ini dapat membantu Anda dalam membangun kredibilitas dan daya jual yang didapatkan dari nama domain tanpa harus membuat situs web Anda terlebih dahulu.1 Anda juga mungkin mendapatkan:

  • Alamat web perusahaan yang mudah diingat untuk keperluan pemasaran. Bagaimanapun, Anda ingin mengiklankan bisnis milik sendiri, bukan platform media sosial atau e-commerce yang Anda gunakan.

  • Alamat web yang konsisten untuk bisnis Anda sehingga para pelanggan dapat selalu menemukan Anda seiring dengan berkembangnya bisnis Anda, bahkan jika Anda mengubah media sosial atau platform e-commerce digunakan oleh bisnis Anda secara online.

  • Fleksibilitas untuk mengubah atau memperbarui tujuan online yang dapat diantarkan oleh nama domain kepada pengunjung kapan saja.

Apakah Anda Tahu?

Seiring meningkatnya bisnis Anda, nama domain dapat menjadi alat pemasaran yang konsisten, dan yang lebih penting, Anda dapat menggunakannya untuk meluncurkan situs web Anda sendiri. Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2019-2020, 66% responden setuju bahwa bisnis yang memiliki situs web-nya sendiri terlihat lebih kredibel dibandingkan yang tidak.1

Apa Saja Cara yang Dapat Dilakukan untuk Meneruskan Nama Domain?

Sekarang setelah kita membahas manfaat penerusan domain, mari kita uraikan berbagai jenis penerusan dan bagaimana penerusan tersebut dapat mempengaruhi apa yang dilihat pelanggan Anda di browser web mereka.

Saat bekerja dengan penjual nama domain, Anda mungkin akan memiliki dua opsi:

Hanya Penerusan: Saat seseorang mengetik nama domain .com kustom milik bisnis Anda di browser web, mereka akan secara otomatis diteruskan ke alamat web tujuan yang Anda pilih. Bagi banyak bisnis, opsi ini secara umum memenuhi kebutuhan penerusan mereka.
Opsi Penerusan
Hanya Penerusan
Pengunjung Mengetik
senyumsegar.com
URL Website Yang Dilihat Pengunjung
akunmediasosialanda.com/senyumsegar
Tampilan Di Kolom Alamat
akunmediasosialanda.com/senyumsegar
Meneruskan dengan Masking: Meskipun opsi ini sangat mirip dengan opsi "hanya penerusan", tetapi ada beberapa manfaat tambahan. Tidak seperti "hanya penerusan", "penerusan dengan masking" membantu memastikan agar audiens Anda akan terus melihat nama domain .com kustom milik Anda di kolom bilah alamat, alih-alih alamat lain dari media sosial Anda atau platform lain. Melalui "penerusan dengan masking", Anda dapat menyesuaikan judul dan deskripsi bisnis Anda agar lebih bersahabat di mesin pencari.
Opsi Penerusan
Penerusan dengan Masking
Pengunjung Mengetik
senyumsegar.com
URL Website Yang Dilihat Pengunjung
akunmediasosialanda.com/senyumsegar
Tampilan Di Kolom Alamat
senyumsegar.com

Bagaimana Cara Saya Meneruskan Nama Domain?

Untuk memulai, Anda harus memastikan bahwa nama domain .com Anda sudah terdaftar, dan selanjutnya menentukan alamat web tujuan Anda.

Pada umumnya para penjual nama domain memiliki proses empat langkah. Namun proses pada setiap penjual nama domain mungkin akan berbeda, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan pusat bantuan mereka atau cari petunjuk khusus tentang cara meneruskan nama domain di situs mereka.

1. Login ke Akun Anda di situs web penjual Nama Domain Anda

Untuk memulai, kunjungi situs web penjual nama domain, dan login ke akun Anda. Ini juga dapat disebut sebagai "panel kontrol" atau "akun saya" tergantung pada penjual nama domain Anda.

2. Pilih Nama Domain yang Ingin Anda Teruskan

Jika Anda mendaftarkan beberapa nama domain dengan penjual nama domain Anda, Anda harus mengulangi langkah-langkah ini untuk setiap nama domain yang ingin Anda teruskan. Langkah-langkah ini dapat berbeda tergantung pada penjual nama domain Anda.

3. Konfirmasi Tujuan Penerusan Nama Domain

Selanjutnya Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin nama domain diteruskan ke suatu tujuan seperti eksistensi media sosial, pasar online, atau direktori online Anda. Tergantung pada penjual nama domain, Anda juga dapat memutuskan jenis penerusan yang ingin Anda dipilih (hanya penerusan vs. penerusan dengan masking).

4. Simpan Perubahan Anda

Setelah proses penerusan selesai, penjual nama domain akan memberi tahu Anda.

Sekarang Anda telah siap untuk mengembangkan eksistensi online Anda dengan bantuan nama domain .com.

1 Websites, Branded Email Remain Key to SMB Internet Services. Survei Custom Verisign® yang diselenggarakan oleh 451 Research (Juli 2020)

Artikel Terkait